Rabu, 17 Juni 2020

7 Trik Jitu Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Orang yang Boros



Trik Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Orang yang Boros Paling Jitu – Setiap orang tua di dunia ini pasti selalu menginginkan yang terbaik buat anak-anak mereka.
Apalagi seperti kita tahu bahwa anak merupakan karunia Tuhan yang sangat berharga bagi para orang tua. Alih-alih ingin memberikan yang terbaik buat anak, ternyata sebagian orang tua malah keliru. Apa yang mereka berikan ternyata malah dapat berdampak buruk bagi kehidupan anak-anaknya setelah tumbuh dewasa nanti.
Nah bagi anda yang mempunyai anak yang masih kecil, alangkah baiknya jika anda mengetahui cara dan trik agar anak anda nantinya tidak menjadi orang yang boros.
Nah berikut ini ada beberapa trik yang dapat anda lakukan agar anak anda nanti tidak berperilaku boros.

1. Ajari anak untuk melakukan pekerjaan rumah

Bagi sebagian besar orang tua mengajak anak-anak untuk melakukan pekerjaan rumah mungkin adalah hal yang tidak perlu. Apalagi jika sudah ada pembantu di rumah, pastilah sangat tidak mungkin untuk mengajak anak-anaknya mengerjakan pekerjaan rumah.
Tetapi tidak ada salahnya jika mereka diajari untuk melakukan hal yang memang bisa mereka lakukan sendiri, jadi tidak selalu bergantung pada pembantu rumah tangga. Apakah anda tahu bahwa hal ini secara tidak langsung melatih mereka untuk bertanggung jawab?

2. Memahamkan keinginan dan kebutuhan yang harus dipenuhi

Dalam hal ini anak harus diajarkan perbedaan antara keinginan dan kebutuhan sejak kecil. Anda pasti sudah tahu bukan perbedaan antara keinginan dan kebutuhan ini?
Ya kebutuhan anak misalnya perlengkapan sekolah, kesehatan, pendidikan, baju, dll itu semua harus anda penuhi tanpa anak meminta. Tetapi untuk keinginan misalnya meminta uang untuk jajan, membeli mainan, atau mungkin hal lainnya yang anak inginkan, maka anda dapat meminta anak untuk melakukan sesuatu dahulu baru kemudian anda penuhi keinginan si anak.
Dengan begitu maka anak akan mulai berpikir bahwa jika mereka menginginkan sesuatu maka mereka harus melakukan sebuah pengorbanan terlebih dahulu.

3. Ajari anak mengenai pentingnya bekerja keras

Walaupun kita ingin agar anak kita selalu hidup tercukupi, bukan berarti kita membiarkan mereka terlena dan melupakan pentingnya bekerja keras.
Apakah anda akan memenuhi semua kebutuhan anak anda selamanya? Tidak bukan? Jika mereka tidak diajarkan mengenai kerja keras dari kecil, maka anak-anak akan terbiasa manja dan dapat berakibat buruk untuk masa depan anak anda nantinya.

4. Ajari anak untuk menyelesaikan persoalannya sendiri.

Anak-anak pasti mempunyai persoalan sendiri di dalam kehidupannya. Sesekali biarkan mereka untuk mencoba menyelesaikan persoalan yang dialaminya.
Jangan sampai anda selalu membantunya untuk menyelesaikan masalah si anak ini. Karena jika mereka terbiasa dibantu, maka mereka tidak akan dapat mandiri dan kemampuan berpikir anak untuk memecahkan masalah akan terganggu.


5. Mengajarkan kepada anak pentingnya rasa syukur

Bagi sebagian besar anak-anak yang hidup dalam taraf kehidupan menengah ke atas yang sudah tersedia semua kebutuhannya terkadang rasa bersyukur kurang mereka dapatkan.
Hal ini karena mereka terbiasa dengan semua kebutuhan yang sudah tersedia. Sesekali coba ajak anak anda untuk melihat sisi lain kehidupan mereka, mungkin ketika berada di jalan mereka di ceritakan tentang kehidupan anak-anak jalanan yang tidak seberuntung mereka.
Hal ini akan sangat baik untuk perkembangan anak anda dan membuat mereka berpikir untuk tidak hidup dengan boros.


6. Kenalkan anak dengan agama

Agama adalah hal penting yang harus dipunya anak sebaga pondai utama agar dia mampu mencerna sendiri baik buruknya segala sesuatu yang dia lakukan, dan perbuatan boros juga dilarang oleh agama, krn dalam Islam misalkan berlebih-lebihan itu tidak boleh, Rasullullah saja mengajarkan kesederhanaan

7. Orang tua mencontohkan dan mempraktekkan langsung dalam kehidupan sehari-hari 

Contoh yang baik yang di amati anak adalah orang tua, tentu orang tua ayah dan ibu punya peran penting untuk memberikan contoh yang baik. Untuk mendapatkan info seputar pendidikan dan anak kunjungi situs rumahbelajarsmart.com

Sekian Artikel tentang Trik Ampuh Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Orang yang Boros, semoga dapat bermanfaat untuk pembaca.


EmoticonEmoticon