Jumat, 08 Juli 2022

Yuk Kenali Cara Menanam Kesemek yang Mudah untuk Pemula

 

harga buah kesemek

Kesemek merupakan salah satu jenis tanaman buah dengan habitat asli di negara Cina. Harga buah kesemek sendiri juga terjangkau dan di Indonesia, tanaman yang memiliki nama ilmiah Diospyros kaki ini belum banyak dibudidayakan. Tanaman ini sebenarnya tidak membutuhkan lokasi tertentu dalam budidayanya. Hanya saja tanaman kesemek membutuhkan tempat dengan curah hujan sekitar 2.000 - 3.000 mm/tahun.

 

Tanaman kesemek memiliki ciri batang berbentuk panjang dan bertekstur keras. Ukuran tanamannya kecil dengan daun yang berselang seling. Bunganya memiliki kelamin jantan dan betina yang terletak  pada ketiak daun. Buahnya berbentuk segiempat membulat dengan warna hijau kekuningan hingaa kemerahan.

 

Langkah Mudah Menanam Kesemek

Sebagian orang mungkin sudah mengetahui tentang buah kesemek. Namun masih banyak yang belum tahu bentuk pohonnya. Bukan hal sulit untuk menanam kesemek. Yang perlu diperhatikan tanaman ini tidak dapat tumbuh didaerah kering. Berikut beberapa langkah mudah dalam menanam kesemek :

 

1.    Persiapan bibit

Perbanyakan tanaman kesemek biasanya dilakukan dengan cara cangkok, okulasi atau sambung batang, dan memisahkan akar tanaman yang sudah muncul tunasnya. Untuk perbanyakan dengan biji tidak banyak dilakukan karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk berbuah, yaitu  7 sampai 10 tahun.

 

Yang paling banyak digunakan untuk perbanyakan bibit yaitu okulasi. Hal ini dikarenakan dengan okulasi perawatannya sangat mudah dan tentunya masa panen lebih singkat. Selain itu juga dapat dilakukan dengan cara mencangkok.

 

2.    Membuat lubang tanam

Lubang tanam untuk kesemek dibuat dengan ukuran 50 cm x 50 cm, kedalaman lubang 50 cm dan jarak tanam 6 m x 6 m. Lubang ini kemudian diisi dengan pupuk kandang atau kompos pada 2/3 bagian. Kemudian didiamkan selama 2 hingga 3 minggu.

 

3.    Proses menanam bibit

Bibit ditanam dengan cara melepaskan polybag dari tanaman kemudian dimasukkan pada lubang tanam. Untuk melepaskan polybag harus dilakukan secara hati-hati agar akar tanaman tidak patah. Lubang tanam kemudian ditutup dengan tanah sisa dari galian. Setelah itu tanaman disiram menggunakan air.

 

4.    Perawatan tanaman

Agar tumbuh subur, tanaman kesemek perlu dilakukan perawatan seperti pemupukan, penyiangan, memangkas batang, dan tentunya memberantas hama dan penyakit tanaman. Tanaman mulai dipupuk pada usia 2 sampai 3 bulan dari proses menanam bibit.


EmoticonEmoticon