Jumat, 20 Agustus 2021

6 Cara Memaksimalkan Kognitif Anak

susu pertumbuhan anak 1 tahun

Anak bayi yang baru lahir akan terus mengalami proses perkembangan kognitif dan fisik. Proses tersebut akan terus berlanjut hingga semua organ tumbuh dan berkembang sempurna. Bunda dapat memaksimalkan proses ini dengan memberikan Si Kecil stimulus yang tepat. Stimulasi dapat dilakukan dengan memberikan susu pertumbuhan anak 1 tahun atau bisa juga memberikan main. Selama bermain, Si Kecil akan banyak belajar dan mengenal hal baru. Hal inilah yang akan membuat pengetahuannya bertambah sehingga menjadi anak yang kritis.

Kebiasan Positif Untuk Membantu Perkembangan Kognitif Anak

Di bawah ini merupakan beberapa kebiasaan yang bisa Bunda kenalkan kepada Si Kecil yang bisa membantu perkembangan kognitifnya.

1. Mengajak Anak Membaca

Buku merupakan media belajar yang tidak akan pernah lekang dengan perubahan zaman. Sering mengajak anak membaca bisa memberikan beragam manfaat mulai dari membentuk kebiasaan belajar hingga menambah pengetahuan.

Sebaiknya Bunda menentukan waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan ini yaitu menjelang tidur. Bacakan cerita agar Si Kecil mendapatkan kosakata baru dapat menggunakan imajinasinya untuk membayangkan cerita tersebut. Agar Si Kecil tidak bosan maka bacakan cerita dengan intonasi yang menarik. Selain itu, pilih buku yang terdapat banyak gambar.

2. Mengajak Si Kecil Bermain Peran

Salah satu cara untuk mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil yaitu dengan berinteraksi. Keluarga merupakan lingkungan pertama Si Kecil dalam berinteraksi. Oleh sebab itu, Bunda bisa mengajaknya bermain peran dengan berbagai macam jenis permainan. Hal ini dapat mengasah kecerdasan bersosialisasi, komunikasi, dan juga kreativitas.

Permainan role play yang bisa Anda lakukan yaitu situasi di restoran atau di rumah sakit. Bunda menjadi pelanggan yang memesan makan lalu Si Kecil akan membuatkan makanan tersebut. Proses ini dapat mengembangkan daya imajinasi dan kreativitasnya dalam membuat makanan. Kemudian Si Kecil juga akan belajar menyajikan makanan dengan hati-hati.

3. Membuat Karya & Kesenian

Jika Bunda ingin Si Kecil tumbuh menjadi anak yang berbakat dan memiliki kecerdasan yang baik maka bisa mengenalkannya dengan dunia seni. Bunda bisa mengajak Si Kecil membuat karya seperti menggambar, membuat mainan dari playdough dan lain-lain.

Ajak Si Kecil untuk menggambar menggunakan pewarna makanan. Si Kecil akan belajar mengenali warna dan mengeksplor hal baru lainnya. Penggunaan pewarna makanan untuk membuat karya ini sangat aman untuk Si Kecil.

4. Memberikan Main Shape & Color

Cara mengembangkan kognitif anak 1 tahun dapat dengan memberikan main shape & color. Hal berguna agar Si Kecil dapat membedakan bentuk-bentuk benda yang ada disekitarnya. Mainan ini biasanya juga memiliki warna-warna menarik sehingga dapat membantu mempertajam penglihatan Si Kecil. Dengan demikian, Si Kecil akan mempelajari 2 hal sekaligus yaitu bentuk dan warna.

5. Memasukkan Kancing Kelubang Yang Tersedia

Mainan sederhana yang sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan Si Kecil yaitu memasukkan kancil ke lubang yang tersedia. Anda bisa menyiapkan botol tanpa tutup dan juga kancing dengan ukuran sebesar uang koin. Hal ini akan memudahkan Si Kecil untuk memegangnya.

Permainan ini akan mengasah kemampuan Si Kecil dalam mengkoordinasikan saraf dan otot. Si Kecil akan belajar memaksimalkan motorik halus. Hal ini pun dapat meningkatkan daya konsentrasi, ketelitian dan juga kesabaran.

6. Mengenalkan Tekstur

Indera peraba Si Kecil juga perlu diasah dengan memberikan permainan tekstur. Bunda dapat membuat permaian ini dengan benda-benda yang ada disekitar. Ajak Si Kecil bermain di pasir atau tanah akan bisa membedakan tekstur keduanya. Selain itu, untuk mengenalkan tekstur kenyal Bunda juga dapat memberikan jeli untuk mainan.

Meta deskripsi: Kenalkan Si Kecil dengan kebiasaan positif yang dapat membantu mengoptimalkan kognitifnya dan dukung dengan susu pertumbuhan anak 1 tahun.


EmoticonEmoticon